Orang Yang Paling Bertaqwa adalah Orang Yang Paling Mulia di Sisi Allah SWT

PA-Padang || Bertempat di Musholla Al-Hikmah Pengadilan Agama Padang Kelas IA, setelah selesai shalat Ashar berjamaah hari Jum’at tanggal 18 Juni  2021, aparatur PA Padang kembali berkumpul untuk melaksanakan bintal dwipekanan setiap ba’da Shalat Ashar.

Acara dipandu oleh Suhrianto, S.HI (tenaga honor PA Padang). Setelah dibuka, acara dilanjutkan dengan ceramah oleh penceramah Ustadz Masrinedi, S.H., M.A. (Panitera Pengganti PA Padang).

Dalam ceramah beliau yang berdurasi 15 menit tersebut, beliau menyampaikan ceramah dengan judul : Orang Yang Paling Bertaqwa adalah Orang Yang Paling Mulia di Sisi Allah SWT yang dilandasi Firman Allah SWT dalam Al-Qur’an Surat Alhujurat ayat 13 yang berbunyi :

يٰٓاَيُّهَا النَّاسُ اِنَّا خَلَقْنٰكُمْ مِّنْ ذَكَرٍ وَّاُنْثٰى وَجَعَلْنٰكُمْ شُعُوْبًا وَّقَبَاۤىِٕلَ لِتَعَارَفُوْا ۚ اِنَّ اَكْرَمَكُمْ عِنْدَ اللّٰهِ اَتْقٰىكُمْ ۗاِنَّ اللّٰهَ عَلِيْمٌ خَبِيْرٌ

Dalam uraiannya beliau menyampaikan setidaknya ada 5 M tingkatan manusia dalam pandangan Allah SWT, yaitu :

  1. Muslim, yaitu orang yang sudah masuk Islam dengan mengucapkan dua kalimah Syahadat (Q.S.49:14);
  2. Mukmin, yaitu orang Islam yang sudah melaksanakan ajaran Islam dengan penuh keimanan kepada Allah SWT (Q.S.8:2-4);
  3. Muhsin, yaitu orang  Islam yang senang berbuat kebaikan dimanapun dan kapanpun (Q.S.28:77);
  4. Mukhlis, yaitu orang  Islam yang dalam melaksanakan ibadah selalu ikhlas lillahi ta’ala(Q.S.98:5);
  5. Muttaqin, yaitu orang Islam yang selalu menjaga aturan Allah, melaksanakan semua perintah Allah dan menjauhi semua larangan Allah SWT (Q.S.49:13);

“Ternyata tujuan kita berpuasa untuk meraih Titel Muttaqin (Orang yang bertaqwa), titel tertinggi kita sebagai hamba Allah di sisi-Nya. Mudah-mudahan kita termasuk ke dalam Titel Muttaqin tersebut. Aamiin Yaa Rabbalálamin,” pungkas ustadz Mas tersebut.

Bintal kali ini merupakan Bintal Perdana setelah bulan Ramadhan 1442 H yang sudah disusun jadwalnya setiap bakda Ashar Jumát pekan kedua dan Jumát pekan keempat setiap bulannya.

[Fordilag PA. Padang/MND(4)]

 

 

 

Tinggalkan Komentar

 

 

 

Berita MARI

Berita Badilag

Fokus Badilag

Statistik Pengunjung

5 6 6 6 3
Hari Ini
Kemarin
Bulan Ini
Bulan Kemarin
Total
122
1059
14353
17071
56663
IP Anda : 3.215.177.171
2021-09-23 05:55